16 February 2024

Tidak pernah ada kata terlambat untuk menabung

Artikel

Bagaimana keadaan finansial Mitraku? Apakah Mitraku sudah memiliki tabungan? Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menabung, salah satunya adalah membuat Mitraku belajar disiplin. Bagi Mitraku yang belum bekerja, Mitraku bisa mulai menabung dari uang jajan. Jika Mitraku sudah bekerja, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Justru ini menjadi kesempatan yang baik karena Mitraku bisa mengatur keuangan Mitraku secara independen.

Untuk Mitraku yang ingin menabung namun masih belum tahu bagaimana memulainya, yuk ikuti langkah-langkah berikut:
1. Tentukan Tujuan
Langkah pertama yang Mitraku harus lakukan untuk mulai menabung adalah menentukan tujuan. Ingat! Tujuan menabung tidak harus jangka panjang lho, membeli keperluan sehari-hari juga bisa menjadi tujuan dalam menabung, seperti untuk membeli laptop baru, hadiah ulang tahun orang tua dan lain-lain. Jika Mitraku tidak ada tujuan dalam menabung, Mitraku tidak akan memiliki motivasi yang besar. Ini akan menyebabkan hambatan karena Mitraku jadi tidak bisa mengendalikan diri.

2. Buat Rencana Menabung yang Jelas
Sebelum menerima gaji, sebaiknya Mitraku membuat anggaran untuk menentukan porsi tabungan, belanja, dan kegiatan sosial lainnya. Sebaiknya Mitraku menyisihkan sekitar 10%-15% untuk alokasi tabungan. Idealnya, persentase tabungan tidak lebih kecil dari ini. Seiring dengan naiknya gaji atau adanya tambahan bonus, nilai tabungan maupun persentasenya sebaiknya mengalami kenaikan juga. Jika nominal uang yang Mitraku tabung masih sangat kecil, sementara pendapatan mengalami kenaikan, mungkin ada yang salah dengan anggaran belanja Mitraku. Apakah salah satu dari tanda di atas masih Mitraku alami? Jika iya maka sekarang adalah saatnya mengubah kebiasaan menabung yang benar. Tidak ada kata terlambat untuk memulai memperbaiki pengelolaan keuangan.

3. Pilih Tempat Menabung yang Aman
Tabungan Mitraku bisa disimpan di bank pilihan Mitraku, atau di rumah. Namun, Mitraku harus memastikan bahwa tabungan Mitraku tidak mudah untuk Mitraku ambil kembali. Jika Mitraku menabung di bank, buatlah akun tabungan yang tidak bisa Mitraku ambil dalam jangka waktu dekat. Jika Mitraku menabung di rumah, pastikan Mitraku simpan di tempat yang aman dan tidak mudah Mitraku lihat.

4. Catat Pengeluaran
Setelah mempunyai tabungan, Mitraku harus bertanggung jawab akan pengeluaran agar Mitraku tidak harus mengambil uang dari tabungan. Cara paling sederhana untuk memantau pengeluaran adalah dengan mencatatnya. Jika Mitraku tahu berapa besar pengeluaran Mitraku sehari-hari, Mitraku bisa lebih bijak untuk mengatur barang-barang yang Mitraku beli dan menentukan jumlah anggaran Mitraku setiap bulan.

5. Kurangi Pengeluaran atau Tingkatkan Penghasilan
Jika Mitraku harus mengejar target menabung, terkadang Mitraku harus memilih untuk memotong pengeluaran atau meningkatkan penghasilan agar uang Mitraku bisa terkumpul tepat pada waktu sesuai kebutuhan Mitraku. Setelah mencatat pengeluaran, Mitraku akan tahu apa saja yang harus dipotong dari pengeluaran Mitraku. Jika Mitraku tidak dapat mengurangi pengeluaran, Mitraku bisa meningkatkan penghasilan dengan cara menambah pekerjaan sambilan atau yang lainnya. Yang penting Mitraku meningkatkan penghasilan sesuai kebutuhan menabung.

Yuk mulai menabung! Jika target menabung Mitraku tidak tercapai, jangan menyerah Mitraku. Membiasakan diri untuk menabung memang membutuhkan latihan. Namun jika Mitraku konsisten dan mampu mengendalikan diri, Mitraku pasti akan merasakan hasilnya. Semangat selalu Mitraku!

Marcomm
Referensi: blog.klob.id

 


Ada pertanyaan?

Kami siap membantu segala pengaduan maupun pertanyaan lainnya dari Anda

Kantor Pusat

  • Jln. DR. Wahidin Sudirohusodo
    Komp. Pusat Pertokoan No. 5 - 6
    Ende, Wajo, Kota Makassar 90174
    Sulawesi Selatan, Indonesia

BPR Hasamitra berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)


© 2005 - 2024 BPR Hasamitra All Rights Reserved