29 January 2024

4 Ide resolusi keuangan untuk bebas financial di tahun 2024

Artikel
Seiring bergulirnya waktu, setiap awal tahun adalah momentum yang tepat untuk merenung dan menetapkan tujuan keuangan baru. Bagi mitraku yang peduli dengan kondisi keuangan pribadi/keluarga, tentu bisa menjadikan tujuan keuangan tertentu menjadi resolusi untuk tahun 2024. Siapa tahu, tahun 2024 akan menjadi titik awal menuju kesuksesan keuanganmu. Tidak ada yang tidak mungkin, toh?
Kira kira, apa saja sih contoh tujuan keuangan yang cocok untuk dijadikan resolusi ?
Berikut ini adalah 5 ide resolusi keuangan yang dapat membimbing mitraku menuju kondisi keuangan yang lebih baik di tahun mendatang.
 
1. Memperbaiki Cashflow
Untuk mitraku yang sampai hari ini masih struggle dengan cashflow minus, lebih baik memperbaiki cashflow menjadi prioritas nomor satu di tahun depan. Coba tinjau ulang budgeting alias anggaran keuangan pribadi/rumah tangga mitraku, jangan-jangan selama ini mitraku terlalu boros untuk pengeluaran yang tidak terlalu penting?
Jika sudah berhasil merumuskan rencana anggaran bulanan baru yang lebih baik, jangan lupa untuk mencatat rutin segala detail pengeluaran dan patuhi anggaran yang sudah mitraku tetapkan di awal.
 
2. Memaksimalkan Hasil Investasi
Coba lakukan monitoring dan evaluasi atas seluruh aset investasi mitraku. Mulai dari investasi paper asset hingga real asset. Bagaimana perkembangannya seiring berjalannya waktu, apakah sesuai ekspektasi mitraku di awal atau tidak? Jika tidak, kenapa?
Berkonsultasi dengan perencana keuangan yang memang sudah ahli di bidang keuangan pribadi pasti bisa memberikan perspektif yang lebih objektif mengenai portofolio investasi *mitraku.
 
3. Meningkatkan Literasi Keuangan
Tingkatkan pengetahuan ilmu perencanaan keuangan mitraku dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau mengikuti webinar agar mitraku semakin melek keuangan dan mampu menyusun strategi terbaik menuju hidup yang lebih sejahtera.
 
4. Mencari Pendapatan Tambahan
memiliki sumber pendapatan lebih dari satu sepertinya sudah menjadi kewajiban. Apalagi jika mitraku belakangan mulai merasakan cashflow minus karena pengeluaran yang semakin membengkak akibat inflasi.
Mitraku boleh pertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan baru atau mencari peluang bisnis sampingan seperti affiliate marketing, bisnis jual beli kerajinan tangan, atau menjual produk digital. 
 
Kesimpulan
Dengan mengadopsi salah satu ide resolusi keuangan ini, mitraku dapat mengarahkan keuangan mitraku dengan lebih fokus, sehingga kemungkinan resolusi tersebut tercapai tentunya akan lebih tinggi. Ingatlah untuk selalu memantau progress perjuangan mitraku secara berkala dan menyesuaikan resolusi mitraku sesuai dengan perubahan kondisi keuangan dan tujuan pribadi mitraku.
 
MARCOMM
REFERENSI : pina.id
 

Ada pertanyaan?

Kami siap membantu segala pengaduan maupun pertanyaan lainnya dari Anda

Kantor Pusat

  • Jln. DR. Wahidin Sudirohusodo
    Komp. Pusat Pertokoan No. 5 - 6
    Ende, Wajo, Kota Makassar 90174
    Sulawesi Selatan, Indonesia

BPR Hasamitra berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)


© 2005 - 2024 BPR Hasamitra All Rights Reserved