07 February 2024

Mewujudkan Resolusi Finansial agar Keuangan Aman & Hidup Mapan di 2024

Artikel

Resolusi sejatinya merupakan bekal untuk menyambut tahun baru. Biasanya resolusi menyangkut pencapaian karier atau perubahan diri lebih baik. Tapi tak hanya dua hal itu saja, resolusi juga bisa menyangkut soal finansial.

Dengan adanya resolusi finansial akan memberikan arah lebih dalam mengelola keuangan agar hidup semakin matang dan mapan. Lalu bagaimana cara mewujudkan resolusi keuangan yang lebih sehat di 2024? Simak tips berikut!

1. Evaluasi Keuangan Pribadi
Langkah awal yang mesti Mitraku lakukan yaitu dengan me-review bagaimana pengelolaan finansial selama 1 tahun terakhir. Apakah Mitraku sudah memiliki dana darurat? Apakah jumlah uang di tabungan sudah memadai? Bagaimana dengan keadaan hutang? Pertanyaan tersebut bisa menjadi bahan untuk mengukur kesehatan keuangan.

2. Tentukan Tujuan Finansial
Selanjutnya, Mitraku bisa membuat daftar pencapaian yang ingin dicapai pada tahun 2024 mendatang. Tentunya yang berkaitan dengan keuangan ya. Usahakan buat daftar yang detail dan merinci, bahkan hingga ke besaran uang yang harus dikeluarkan. Hal ini agar tujuan keuangan lebih jelas.

3. Terjemahkan dalam Anggaran Bulanan
Ketika tujuan sudah jelas, kini saatnya mengatur keuangan dengan membuat anggaran bulanan yang mencakup pendapatan dan pengeluaran. Jangan lupa untuk membagi pengeluaran ke dalam beberapa pos. Tujuannya agar lebih gampang bagi Mitraku untuk mengelola dan mengontrolnya.

4. Buat Uangmu Bekerja
Jika ingin hidup lebih mapan, maka perbanyak tabungan. Tapi jangan hanya mengMitrakulkan tabungan saja. Pastikan Mitraku juga memasukkan uang ke instrumen investasi, yang dapat membuat uang berkembang berkali-kali lipat. Buat pemula, Mitraku bisa mulai dengan berinvestasi deposito yang cenderung aman.

Marcomm
Referensi : finance.detik.com

 

 


Ada pertanyaan?

Kami siap membantu segala pengaduan maupun pertanyaan lainnya dari Anda

Kantor Pusat

  • Jln. DR. Wahidin Sudirohusodo
    Komp. Pusat Pertokoan No. 5 - 6
    Ende, Wajo, Kota Makassar 90174
    Sulawesi Selatan, Indonesia

BPR Hasamitra berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)


© 2005 - 2024 BPR Hasamitra All Rights Reserved