22 January 2024

7 tips mengatur keuangan agar tabunganmu terus bertambah

Artikel

Mengatur keuangan itu tidak mudah. Walaupun sudah menerima gaji atau penerimaan, kadang-kadang masih sulit untuk menjaga jumlah uang yang kita miliki terus bertambah. Ditambah lagi jika pengeluaran kita meningkat setiap bulan meskipun pendapatan kita tetap sama.

Kita cenderung boros di awal dan berhemat di akhir. Jika ini terus berlanjut, mungkin tidak akan ada kesempatan untuk menabung. Kita perlu mempersiapkan pengelolaan keuangan untuk menghindari hal-hal tersebut. Untuk memastikan tabungan Mitraku terus meningkat, berikut adalah beberapa saran untuk mengatur keuangan Mitraku.

1. Mencatat pendapatan dan pengeluaran
Seringkali kita tidak memperhatikan catatan penerimaan dan biaya. Bahkan di akhir bulan, kita kadang-kadang bingung ke mana uang kita "pergi". Mitraku bisa lebih mudah melacak keuangan bulanan dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran dengan menggunakan pembukuan sederhana di catatan kecil. Selain itu, saat ini ada banyak aplikasi di ponsel yang dapat mempermudah pencatatan keuangan.
Setelah mencatat berapa penghasilan Mitraku selama satu bulan, buat pos-pos pengeluaran dan catat pengeluaran dan target Mitraku secara rutin setiap bulan. Dengan cara ini, Mitraku dapat melihat pos yang tidak memenuhi sasaran dan dapat menjadi peringatan untuk pengeluaran uang kita. Hal ini akan meningkatkan kemampuan Mitraku untuk mengelola keuangan kita.

2. Perhatikan hal-hal kecil
Jangan mengabaikan hal-hal kecil. Kita biasanya mengabaikan pengeluaran kecil seperti membeli kopi pagi atau camilan sore. Kebanyakan orang sangat berhati-hati dan cenderung mempertimbangkan secara menyeluruh sebelum membeli barang-barang mahal, tetapi mereka kurang terkontrol ketika datang ke hal-hal kecil. Namun, jika jumlah uang yang dihabiskan untuk hal-hal kecil ini digabungkan dalam satu bulan, nilainya mungkin lebih besar daripada jumlah uang yang dihabiskan untuk barang-barang mahal sebelumnya. Ini kadang-kadang membuat kita tidak dapat mengendalikan keuangan kita. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengeluarkan uang, terutama untuk hal-hal kecil.

3. Jangan belanja demi gengsi
Saat ini, barang merek sangat disukai. Biasanya kita membelinya untuk mengikuti gaya hidup dan memenuhi gengsi. Akan lebih menguntungkan jika kita dapat menggunakannya untuk menambah tabungan dan membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan. Bukan karena gengsi, bukan karena gaya. Jika kita terus mengikuti tren dan gengsi, mereka akan terus berkembang.

4. Buat prioritas kebutuhan
Buatlah daftar kebutuhan yang paling penting mulai dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Mulailah dari yang paling mendesak hingga yang paling tidak mendesak. Mitraku bisa lebih mudah mengatur pengeluaran dengan membuat skala prioritas. Mitraku juga bisa belajar bagaimana menjadi lebih hemat dan teratur.

5. Pasang target masa depan
Membuat target untuk masa depan adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatur keuangan. Misalnya, Mitraku menargetkan untuk memiliki mobil sendiri pada usia 30 tahun, rumah sendiri pada usia 35 tahun, dan sebagainya. Dengan menetapkan sebuah target, kita juga berarti siap untuk memulai dan mencapainya. Target bukan hanya percakapan. Mitraku juga perlu membuat rencana untuk mencapainya.

6. Disiplin dalam menabung
Banyak orang menganggap menabung adalah cara untuk menyimpan uang yang tersisa di akhir bulan. Ini adalah pemahaman yang salah. Jika Mitraku ingin uang di tabungan Mitraku cepat bertambah, buatlah target menabung dan langsung sisihkan uang setiap awal bulan. Jika perlu, buatlah rekening tabungan terpisah dari yang biasa Mitraku gunakan.

7. Jangan takut untuk berinvestasi
Berinvestasi membawa banyak risiko, tetapi juga membawa banyak potensi keuntungan jika dilakukan dengan benar. Selain itu, untuk berhasil dalam investasi, kita juga harus belajar dan latihan agar dapat membuat strategi investasi yang tepat. Mencari tahu jenis investasi yang tepat adalah langkah pertama. Selain itu, cari sebanyak mungkin informasi tentang investasi yang sesuai dengan keadaan keuangan Mitraku. Yang paling penting adalah tidak mengganggu pos pengeluaran lainnya.

Itulah beberapa tips agar tabunganmu terus bertambah. Semoga tips di atas dapat membuatmu lebih baik dalam mengelola keuanganmu. Selamat mencoba!

Marcomm
Referensi: mediakeuangan.kemenkeu.go.id


Ada pertanyaan?

Kami siap membantu segala pengaduan maupun pertanyaan lainnya dari Anda

Kantor Pusat

  • Jln. DR. Wahidin Sudirohusodo
    Komp. Pusat Pertokoan No. 5 - 6
    Ende, Wajo, Kota Makassar 90174
    Sulawesi Selatan, Indonesia

BPR Hasamitra berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)


© 2005 - 2024 BPR Hasamitra All Rights Reserved